CURAHAN ILMU | "Selalu Mengalir Bagaikan Air"

Minggu, 02 September 2012

Cara Membuat Koneksi Internet Dengan Bluetooth Handphone

by Vidiansyah (Khalil Rahman)  |  in Tips at  18.28



Oke gw pengen sedikit sharing pengalaman gw yang dari kecil udah berkecimpung dalam dunia internet tapi baru dapet pencerahan buat nyoba yang namanya ngoprek jaringan hahaha, hari ini gw inget harus ngedonlod software autocad terbaru yang sizenya lumayan bikin ngesek ati kalo sampe donlodan nya keputus, so gw langsung mulai2 search dan i got it. Ternyata 22 jam lagi baru kelar...WTH.... Apa yang harus gw lakuin 22 jam ke depan *dilema..(halah....), secara modem gw dirumah Cuma ada satu.. quotanya udah abis lg.., tapi ada komputer sama laptop..yang laptop nganggur. Tiba-tiba entah dari mana gw dapet sebuah pencerahan gimana caranya biar si laptop bisa terhubung ke internet. Gw pikir2..benda apa yang bisa bikin laptop gw konek ke internet...kompor?sendok? atau gw bisa bikin sebuah radar NASA dari wajan dapur punya emak gw?...Ah yang bener aj, gw lirik kanan kiri, gw raba-raba semua barang *eaaa.. dan akhirnya gw ngelirik ke hp emak gw, serasa dia ngomong “Pilih aku..pilih aku...”  -_- zzzz

Yup.. Dan akhirnya gw nyoba buat sinkron nin hp itu (hp punya gw lagi rusak jd pke hp mamake). Pertama gw dapet ide buat nyambungin usb dulu hp nokia jadul tipe 2600 itu. ... kabel usbnya dah digigitin tikus gara2 disimpen di dalem lemari celana dalem..-_- . Berarti harus pake infrared, tapi ga ada infrared....wifi?kabel utp? ok bluetooth-bluetooth, biar ceritanya cepet kelar ^_^V.  “Tapi apa bisa?” sebuah pertanyaan besar... ok it’s time for experiment... dan betapa bahagianya ternyata experiment gw menemukan jalan keluar yang simple..padahal mikirnya sampe berotot *sial, secara modemny kn lg dipake jd g bisa ngesearch di mbah google.

Ok time for share it.. :D OS si laptop windows 7 ultimate 64 bit
         1.       Koneksiin dulu bluetooth yang pingin di pakai



          2.       Kalo udah connect bluetooth nya ke pc..sekarang connect hpnya ke bluetooth.. klik kanan logo  
                   bluetoothnya yang di taskbar lalu pilih “Add device”

          3.       Pilih handphone yang mau connect dengan pc , klik next


          4.       Trus kalo udah, klik kanan lg bluetooth iconnya pilih “Show Bluetooth device”

         5.       Bakal keluar tampilan kayak gini....klik kanan hp yang connect, pilih dial-up Networking dan klik
               “Create a dial-up connection...”




            6.       Lalu isi settingan APN (Access Point Name) dari kartu provider yang kita pakai trus pilih connect,
                   disini gw pake settingan axis... kebetulan masih ada kartu axis cadangan gw yang masih kedaftar
                   paket bulanan hahaha


          7.       Pas lg proses jgn pilih skip

          8.       Kalau udah muncul tampilan gini berarti komputer kita udah konek ke internet

 

Bisa langsung ditest browsing

Semoga bermanfaat :D klo ada yang punya pengalaman lebih menarik tentang ini boleh lah di share dimari :D

9 komentar:

  1. wah.. tq ni infony gan...baru tau ane bisa kaya gitu. brarti siklusnya dari internet -> ke bluetooth -> ke kompie -> bluetooth -> baru ke internet lg, gileee.. bluetoothny bisa dibilang modem jg ye gan.. tapi lemot g gan?

    BalasHapus
  2. @seorang anonim : ya lebih tepatnya masih hp yang berperan jd modem gan..dan bluetoothnya yang jadi pengganti kabel UTP nya..

    @mas anggaradana : sip masbro :D

    BalasHapus
  3. klo dibilang lemot apa nggak... ni kelemahannya klo jarak hpnya dijauhin dari komputer malah jadi berkurang gan kecepatannya wkwkwkwk koplak dah pokoknya haha :D

    BalasHapus
  4. kalau dibalik bisa ga? laptopnya jadi modem , trus tablet android sebagai penerima internet,jadi modem stik yg dicolok laptop, sharing internet ke tablet android ( catatan: laptop jadul yang ga punya wifi, jadi pake bluetooth stik )

    BalasHapus
  5. http://suka-bagii.blogspot.my/2015/11/cara-hp-android-sebagai-assalamualaikum.html?m=1

    Cara menggantikan modem dengan hp android klik

    BalasHapus
  6. Gan.. Gimana cara ngisi isp? Apaan yang harus di taruh disitu?

    BalasHapus

Proudly Powered by Blogger.