CURAHAN ILMU | "Selalu Mengalir Bagaikan Air"

Kamis, 21 Mei 2009

Orbit

by Vidiansyah (Khalil Rahman)  |  in Sains at  08.35

Para astronot sedang melakukan misi luar angkasa dapat melihat planet bumi dari atas. Mereka dapat melihat bagian-bagian bumi yang berbeda saat pesawat ulang aliknya mengorbit di atas bumi. Orbit merupakan kegiatan mengelilingi suatu benda terhadap benda lain di luar angkasa.


Orbit Orbit Apa Saja Yang Ada Di Luar Angkasa?

Bulan mengorbit terhadap bumi sebagai satelitnya. Bumi mengorbit matahari. Matahari mengorbit terhadap pusat Bima Sakti.

Bagaimana Bentuk Bentuk Orbit?



Orbit sebuah benda biasanya berbentuk seperti lingkaran. Planet, asteroid, dan komet komet dalam tata surya kita mempunyai bentuk orbit yang oval. Semakin jauh sebuah orbit maka semakin besar pula orbitnya. Bumi, misalnya, membutuhkan waktu 365 hari untuk sekali memutari Matahari, sedangkan planet pluto memerlukan waktu 248 tahun untuk sekali memutari Matahari! Itu terjadi karena pluto amat jauh jaraknya dari Matahari. Sebagian Besar komet mempunyai orbit yang amat jauh (luas). Terkadang jarak mereka amat mendekati Matahari.

Satelit Bumi


Bulan merupakan satelit bumi. Ia mwngitari bumi dalam waktu 30 hari, Makanya waktu 30 Hari bisa di sebut selama satu bulan. Satelit adalah benda-benda yang bergerak mengorbit pada bumi. Selain ada bulan, ada juga satelit buatan manusia.

Manusia menciptakan berbagai alat satelit untuk kegiatan komunikasi. Satelit satelit komunikasi ini mempunyai garis edar sendiri sendiri. Ada satelit yang bergerak mengikuti garis khatulistiwa dan ada juga yang bergerak dari kutub utara ke kutub selatan. Satelit komunikasi buatan manusia ini, di sesuaikan orbit dan kecepatannya agar sama dengan perputaran bumi.


Apa Sih Yang Membiat Sesuatu Dapat Mengorbit?

Kekuatan gravitasi dapat menahan satelit, bumi, planet, dan bintang biontang sesuai orbitnya. Gravitasi bumi, misalnya, menahan bulan tetap berada di tempatnya namun selalu mengorbit terhadap bumi. Sementara itu, bumi selalu berputar mengelilingi Matahari.

Apabila kecepatan satelit satelit yang melayang dekat dengan bumi sangat rendah, maka ia dapat tertarik ke bumi. Saat mengenai atmosfer ia bisa terbakar lalujatuh. Nah, Pesawat ulang alik juga amat rentan dengan atmosfer bumi. Apabila kecepatannya berkurang, ia dapat dengan mudah terbakar dan meledak di udara.


from Ensiklopedi Sains

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.