CURAHAN ILMU | "Selalu Mengalir Bagaikan Air"

Senin, 05 November 2012

TIPS BERKOMUNIKASI YANG BAIK

by Vidiansyah (Khalil Rahman)  |  in Tips at  20.57


Mendengar kata komunikasi mungkin yang terlintas di pikiran sobat curahan ilmu adalah bagaimana kita mengungkapkan isi pikiran kita melalui mulut atau biasa disebut ngobrol/ngomong ke orang yang menjadi lawan bicara kita. Mungkin gw beri apresiasi tinggi untuk yang sudah niat sekali untuk ingin bisa berbicara dengan baik sampai-sampai cari artikel-artikel bahkan ngesearch di mbah google mengenai teorinya dari komunikasi itu sendiri. Kenapa gw  beri apresiasi tinggi?, karena gw bisa tebak orang-orang yang mencari materi ini pasti adalah orang-orang yang lebih suka diam daripada berbicara atau mungkin belum terbiasa dan bisa untuk berkomunikasi dengan baik dan timbul keinginan untuk mencari bagaimana caranya berinteraksi dengan teman-teman sebaya agar nggak di katain kuper lagi atau si pendiem lah atau apalah pokoknya yang nggak ngenakin di denger oleh kita, jujur gw sendiri juga dulunya adalah seorang pendiam, gw lebih suka menjadi sosok misterius dikelas waktu SMA  atau kadang gw lebih suka masang tampang cool didepan adek gw yang lagi mangap.
Tapi gw bosen jadi sosok yang pendiam, mereka cenderung kurang dihargai di lingkungan, seperti yang gw bilang tadi pasti bakal ada kata-kata yang ngga enak keluar dari khalayak umum mengenai kita (si sosok pendiam). Dan gw berhasil keluar dari itu semua, gw bangkit dari keterpurukan yang menindas diri gw. Dan saat gw bertekad dengan sangat keras dengan ekspresi seakan macan bangun dari tidur lelapnya, mata tajem menyala warna merah yee..kan. Akhirnya gw berhasil membuat diri gw terbiasa dengan berbicara bukan hanya bicara 1 lawan 1 kadang gw juga harus 1 lawan 100..eh kaya acara tv... 1 lawan banyak lah intinya..public speaking gitu, kalo tadi gw baru bertekad doang seakan macan baru bangun dari tidurnya..sekarang begitu gw udah jago ngomong ibaratnya gw macan yang udah bisa ngelompatin parit di kandang kebon binatang, tinggal makan-makanin pengunjung yang suka ngelemparin kacang ke gw..udah tau macan ngga makan kacang..goblok -_-.

Oke sebelum tulisannya ngalor-ngidul mending gw kasih langsung tipsnya hahaha.. Yang pertama adalaaaaah :

      1.       BERANIKAN DIRI
Untuk seseorang yang ingin belajar berkomunikasi dengan baik sangat penting untuk kita selayaknya mencoba hal-hal yang membuat mental kita down. Kalo lw takut bicara di depan podium..yaudah...ga masalah..apanya yang masalah... toh mereka manusia..JUST BRACE YOURSELF, paling tidak kita udah mencoba dengan maksimal daaaan kalau pun pada saat di podium, didepan banyak orang kita keliatan nervous dan ngomong a-i-u-e-o bahkan audience sampe ada yang ketawa licik, so what? . Satu saran dari gw ketika dapet kondisi diatas, pasang tampang/mimik yang seakan berbicara pada orang yang ketawa licik itu “SEKARANG GW ANAK MACAN, SEKALI ATAU 2 KALI LAGI GW ADA DI PODIUM INI, GUA TELEN LU”.

      2.       JANGAN PERNAH KALAH TERHADAP SINDIRAN
Kalo kita seorang pendiam dan ingin berusaha bicara didepan umum atau teman-teman kita yang biasa menilai kita seorang pendiam, ini adalah sesi yang paling sakral...”LU BAKAL KENA CELETUKAN SALAH SATU TEMEN LO” . Contoh :

A : si pemalu /pendiam
B: salah satu temen lo yang lagi ngumpul dengan temen2 lo yang laen

A: Hai bro lagi ngapain?
B: Eh tumben lo ngomong?

Saat lu dapet kondisi seperti diatas, ingat lu harus timpuk temen lo pake bata yang lu udah siapin di tas.. hahaha kaga lah yang harus lu lakukan ada 2 tindakan kalo nggak bales celetukannya lo harus jadi si rendah hati (baca: bedain sama rendah diri). Contoh :

Bales celetukan :
A: Hai bro lagi ngapain?
B: Eh tumben lo ngomong?
A : Tumben lo perhatian sama gw, suka ya? (jika si B adalah lawan jenis, kalo bukan brarti lo kelainan)

Rendah Hati:
A: Hai bro lagi ngapain?
B: Eh tumben lo ngomong?
A:Iya, aku lagi mau berubah, jadi cool itu nggak selamanya enak tau
B: Ya Ampun kamu keren banget (jika si B adalah lawan jenis, kalo bukan brarti temen lo kelainan)

      3.       PERBANYAK KOSA KATA DAN PENGALAMAN BICARA
Terkadang kita dihadapkan untuk bisa berbicara dengan orang yang berbeda-beda oleh karena itu diperlukan pengalaman dan kosa-kata yang banyak dan setiap kalangan punya kosa kata yang berbeda, kalo lo ngomong sama temen ngomong selayaknya seorang teman, kalo sama atasan,dosen,guru ngomong yang sopan, sama cendikiawan ngomong yang sains-sains lah, ngomong sama adik kelas ngomong yang manis-manis biar lo dapet pacar, nah kalo lo dalam keadaan terpaksa harus ngomong sama banci gw saranin lw ngga usah ngomong 1 patah katapun sob, saat itu juga lw harus kabur “selamatkan nyawa kaliaaaaan”.

      4.       SELALU CARI MOTIVASI
Dalam artian setiap usaha pasti ngga akan berjalan kalu ngga ada motivasi, entah itu dari pacar (kalo punya, klo ngga bodo amat), keluarga, saudara, guru, atau mungkin sama seperti gw yang ingin bangkit dari ke.adaan terpuruk (baca:desperate). Perbanyak motivasi itu akan ngebantu kalian untuk mencapai target-target yang diinginkan.

      5.       HINDARI KEADAAN TEGANG DAN TETAP TENANG
Dalam keadaan tegang seorang obama pun bakal merasa malas untuk bicara didepan umum, gejalanya biasanya adalah gemetar, keringat dingin, demam(baca: demam panggung) bahkan sampai yang paling parah dan benar-benar nyata,  “sakit perut”. Dalam keadaan apapun usahakan tetap dalam kondisi tenang karena dalam kondisi tenang otak kita akan mudah dalam berfikir dan mengolah informasi yang ada secara cepat dan bisa dikatakan sebagai pemikiran reflek.
Tipsnya untuk mengatasi rasa tegang ketika berbicara adalah dengan mengurangi intensitas suara saat bicara (trust me, kalo lo ngomong dengan suara keras lu bakal makin keliatan tegang), berusaha untuk mencapai mimik sewajarnya, tetap stay cool, dan berusaha untuk tetap berpikir jernih

      6.       DAN YANG TERAKHIR ADALAH “KEMAUAN KERAS”  
Yang ini ngga usah di jelasin. Kalo lo emang niat pingin berkomunikasi dengan baik. Segera comment di blog ini dan segera tutup tab browsernya... Langsung latihan di depan cermin.. atau langsung praktek aja coy..haha..

Oke sekian dulu posting dari saya, semoga bermanfaat dan sukses selalu sobat C-I.
Khalil Rahman.


1 komentar:

Proudly Powered by Blogger.