CURAHAN ILMU | "Selalu Mengalir Bagaikan Air"

Jumat, 08 Agustus 2014

Tips Melakukan Marketing Jual Beli Online

by Vidiansyah (Khalil Rahman)  |  in Tips at  15.30

Hey sobat blogger ketemu lagi sama gw..setelah sekian lama vakum dari dunia blog, kali ini gw putuskan untuk kembali aktif lg setelah ngeliat traffic blog gw yang udah di tinggal lama, tenyata melonjak tinggi banget hehe.. kali ini gw mau sharing mengenai pengalaman gw dalam melakukan marketing, kebetulan dalam bentuk online marketing. Gw udah menjalani aktifitas ini untuk beberapa bulan, kurang lebih sekitar 12 Bulanan lebih lah.. itungannya tahunan harusnya sih hehe lumayan lah untuk nambah-nambah uang jajan kuliah. Tapi lama-kelamaan gw sadar kalo aktifitas ini ngga cuma bisa nambah uang jajan tapi bisa lebih :) sekedar share aja sob gw pernah dapet laba bersih 400rb cuma dalam sehari dari jualan gw kategori barang elektronik belum kategori lain dan itu terjadi ngga sekali dua kali...daan pada akhirnya gw untuk berusaha melakukan beberapa percobaan2 untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal itu. Catet ini sob.. Bisnis online/internet marketing/e-commerce semua itu adalah prospek bisnis masa depan dan bahkan bisa dilakukan tanpa modal, seperti kata pepatah "asal ada kemauan pasti ada gang" (koreksi sendiri mana yang salah haha). Yup modal yang terpenting buat bisnis online itu modal kemauan termasuk modal mental..kalau udah punya itu, gw rasa modal material dan semacamnya bakal ngikut. Dan tak lupa semangat berinovasi dan berani menambah ilmu baru.

Oke langsung aja deh berikut ini adalah tips yang gw dapet untuk menarik orang untuk membeli produk kita lewat internet, ngga perlu ribet, ngga perlu mulut bebusa  untuk melakukan promo, biar pembeli yang nyamperin sendiri. Check this out :

Tips nya adalah kita harus mengidentifikasi apa yang di sukai pembeli, lalu apa yang pembeli suka ? (di toko/lapak online)

1. Respon Cepat
Selama kita melakukan aktifitas jual beli online. kadang pas kita pesen barang dari suatu toko/lapak online pasti nemu penjual atau seller yang pas kita hubungin tapi ngga ada tanggepannya. Gimana rasanya? Kesel kan? Gondok kan? haha nah ini adalah poin penting dari jual beli online dimana respon cepat merupakan rangkuman keseriusan seller dalam berdagang. Respon cepat juga menunjukan bentuk bahwa sebagai seller dia menghargai pembeli dan tentu saja pembeli akan senang jika di hargai.

2. Produk Unggulan 
Nah kalo soal ini mulai bergantung pada kualitas barang bila kita sebagai seller ingin barang kita cepat laku alias laris, dengan promosi yang tepat dijamin produk ente bakal cepet laku deh. kita juga ngga boleh bohong pas promosi, misal kita jual barang elektronik barang harus bener-bener sudah diuji dan di tes speknya.

3. Produk Terbaru
tadi produk unggul sekarang produk terbaru, karena produk terbaru pasti dia unggul dari versi yang sebelumnya.

4. Foto dan Gambar
Pernah ngga ketika lo mau beli barang lewat online tapi di penjual ngga mencantumkan gambar. udah gitu dia minta transfer langsung lagi. Nah ini nih yang bikin kepercayaan pembeli menurun dan otomatis tingkat penjualan bakal menurun. menampilkan foto yang bagus juga pasti bisa menarik calon pembeli untuk kontek kita sebagai penjual, baik sekedar nanya-nanya ataupun langsung order, dalam hal ini skill motret lo dan skill photoshop lo juga bakal semakin terasah dan tersalurkan. jangan lupa untuk meminimkan ukuran file fotonya karena kasian calon pembelinya ngabisin kuota cuma buat buka foto :D

5. Bonus
Siapa sih yang ngga suka bonus. hahaha apa lagi kalo bonusnya lebih mahal dari barang yang dibeli (ngarepp)

6. Garansi
Gw pernah melakukan percobaan dimana satu lapak online gw tuliskan garansi dijudulnya, dan lapak yang satu nya ngga gw cantumkan garansi. Hasilnya? traffic yang garansi lebih tinggi, padahal barang yang dijual sama dan kalau pun bermasalah gw bersedia di kontek ngga perlu pake acara2 garansi hahaha itulah indahnya marketing.

7 Diskon
Yup diskon.. dimana harga yang ditawarkan bisa miring dari harga dilapak lain. Hal ini juga bisa kita dapat ketika kita jual rugi sekedar ngabisin stok atau ketika kita dapat potongan besar ketika beli grosiran banyak dari distributor.

8. Gratis Ongkir
Ini lumayan berat sih karena kita ngga taw posisi pembeli bisa dari mana aja, tapi kita bisa kasih trik biar tetep dapet promonya tapi kita bisa memperkirakan harga ongkir dengan lebih damai hehe caranya dengan membatasi daerah free ongkir dengan domisili kita. misal : Free ongkir Sejabodetabek atau Free ongkir untuk pulau jawa.

9. Notasi Harga
untuk barang-barang berharga mahal alias digitnya banyak, untuk menarik pembeli dengan tidak memberikan beban mental pada pembeli yaitu dengan menotasikannya tanpa simbol Rp. $ dan semacamnya. dan bisa juga, misal barang dengan harga Rp. 9000.000,- kita notasikan dengan Rp. 8999.990,- atau dengan 9000k bisa juga 9 Juta Rupiah.

10. Jujur
Ini dia point terpenting dalam jual-beli online, kejujuran selain membawa berkah juga membawa kepercayaan pembeli dan kalo pembeli sudah percaya tinggal tunggu next ordernya aja hehe jujur disini bukan cuma jujur jualannya tapi juga jujur misal lo mau kirim barang jam 4 sore, maka barang juga harus dikirim jam 4an sore. Misal janji ketemuan jam 10 pagi, maka kita juga harus dateng jam segitu malah kalo bisa lebih pagi, dan sekedar share aja gw lebih prefer ketemuan/cod karena kenapa? selain gw suka jalan2, ketika pembeli puas ngga jarang gw dapet traktiran gratis pas cod hehe..

Oke itu saja yang bisa saya share, terima kasih sudah membaca,serius amat bacanya -_- hahaha
Sumber : rahasia perusahaan :P


0 comments:

Proudly Powered by Blogger.