CURAHAN ILMU | "Selalu Mengalir Bagaikan Air"

Minggu, 16 November 2014

PARADIGMA DAN FAKTA TENTANG KOMPUTER DAN ROBOTIKA

by Vidiansyah (Khalil Rahman)  |  in komputerhardware at  00.00



          Hi Guys, i'm back (inggris dikit) dah lama nih ngga nulis di blog lagi. jadi gw pikir ngga ada salahnya kasih pembukaan yang sedikit beda :). Oke, kali ini gw mau cerita yang sedikit ilmiah nih, berhubung masih kebawa semangat ngejar dan ngerjain deadline tugas akhir KKP D3 (yang udah kelar sidangnya, ah leganya, plong~akhirnya lulus d3 hehe). Nah berhubung kali ini saya posting cerita yang berbau ilmiah (rada fiksi sih), maka harus sedikit formal kali ya hehe (lalu apa yang terjadi di paragraf pertama ini?) Hehe Oke saya mulai dari nol yah..

Ehmm..

         Seperti judulnya, kalau berbicara soal robot atau komputerisasi, pasti sering kita dengar banyak diskusi-diskusi negatif seperti perang futuristik antara manusia dan robot. Yup, robot mengambil alih dunia dan memperbudak manusia. Film-film seperti Terminator, Star War, Transformer dll deh ..punya peran besar untuk pengembangan pemikiran sempit macam ini. Film-film itu menurut saya karya yang bagus sih..untuk karya fiksi tentunya, dengan sebuah spekulasi yang unik dan menarik. Tentu, the real world tidak demikian guys,  why? Coba kita lihat dunia kita sekarang, ambilah contoh canggihnya : seperti penyandang difabel yang tidak memiliki (maaf) tangan atau kaki lalu ia memakai bantuan lengan atau kaki robotik untuk melakukan kesehariannya, lalu apakah tiba-tiba tangan atau kakinya malfungsi membuatnya seorang cyborg kejam (khayalan tinggi nih), tapi kenyataannya sulit akan terjadi demikian, karena perangkat tersebut diciptakan 100% kendali manusia bukan?. Tapi jika ditanya apakah ia menjadi seorang cyborg atau setengah mesin? Jawabannya YA. Percayalah zaman abad ini adalah era perkembangan emas dimana chip akan tertanam didalam tubuh kita. Chip akan berkomunikasi dengan sersor biologi kita dan akan menolong kita menyelesaikan aktivitas secara efisien.

         Retina adalah pengembangan yang paling dicari saat ini. Lalu berpindah ke pemikiran lain dimana pengembangan nanobots menolong kita untuk memperkuat imun di dalam tubuh manusia. Percaya atau tidak manusia perlahan memang akan menjadi setengah robot/mesin. Pernah nonton film elysium? Ada scene dimana chip di implant ke dalam otak manusia sehingga ada kode unik pada masing-masing individu dalam menjalankan kesehariannya yang terkomputerisasi (baca:ter-robotisasi). Tapi itu film, pada pengembangan sekarang ini, chip semacam itu akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan microscopic dari mata kita sehingga tertanam komputer didalamnya, silahkan cek perkembangan project seperti google glass atau bahkan lens. Suatu saat benda yang bernama handphone akan tertanam langsung pada telinga manusia,manusia gak akan kenal lagi keyboard , keypad atau touchscreen.
Puncak dari pengembangan chip komputer mungkin akan seperti hal yang ada di film Elysium tadi yang saya sebutkan, dimana chip akan menambah kemampuan atau bahkan mengganti otak itu sendiri yang mana akan meningkatkan kapabilitas otak. Ente-ente semua pasti bertanya, apa manusia butuh perkembangan yang saya sebutkan semua sebelumnya? Jawabannya adalah “manusia itu berkembang bro” “berevolusi” ,mungkin memang bukan dari monyet, tapi coba lihat ukuran orang-orang jaman dulu, usia orang-orang jaman dulu, kemampuan otak orang-orang jaman ehm..batu, dsb..apakah sama dengan manusia jaman sekarang? .

          Dan yang di sebut evolusi manusia kedepannya adalah teknologi, kenapa? Karena teknologi yang akan membantu hal tsb yang memang merupakan intuisi & perilaku alami manusia dan makhluk hidup lainnya di muka bumi ini untuk berevolusi. Sebagai analogi, makhluk hidup berevolusi sekian juta tahun, manusia membuat peradaban hanya dalam 10.000 tahun, dan dengan teknologi angka tahunan tersebut akan menjadi eksponensial :) . Jadi kemana manusia akan pergi?  Terima saja, kita perhalan-lahan becoming to half-machine . Robot or komputer bukan kompetitor kita di planet ini, tapi suksesor yang harus terus di gali ilmu disiplinnya dan dikembangkan demi kesejahteraan manusia. Robot adalah next-level evolution dan komputer adalah katalisnya hehehe

This is a Sciece-Fiction in past. But now.. slowly.. Sci-Fi  Is become to Sci-Fact
Sebagai tambahan dibawah ini ane kasih gambar yang cukup menarik, silahkan ambil maknanya sendiri :)


pic nya di tunggu aja ya :) kuota lg abis hehe


Sampai ketemu di post selanjutnya, Thx for reading :)
Sumber :
1.  Pemikiran dan penelusuran sendiri  :)
2. Appin Knowledge Solution Team, Robotics” - Engineering Series, Infinity Science Press, Hingham, 2007.
 3. Buku KKP gw -_-



1 komentar:

Proudly Powered by Blogger.