CURAHAN ILMU | "Selalu Mengalir Bagaikan Air"

Rabu, 20 Mei 2009

Hidrogen

by Vidiansyah (Khalil Rahman)  |  in Sains at  20.14

Setiap hari sinar matahari memancarkan cahaya agar kita dapat melihat di siang hari. Cahaya ini mengalir dari hidrogen. Bintang, seperti Matahari, sebagian besar tersebut terbuat dari hidrogen. Bintang merupakan reaktor nuklir raksasa yang membakar Hidrogen merupakan unsur uatama di alam semesta ini.




Apa sih Hidrogen itu ?

Hidrogen merupakan gas yang ada di udara, jadi tidak terlihat. Hidrogen adalah elemen kimiawi paling terang, 14 kali lebih terang dari pada udara. Balon yang diisi hidrogen dapat melayang lebih baik daripada diisi dengan udara biasa, maupun dengan helium. Namun, sebaiknya jangan mengisi balon dengan hidrogen karena mudah sekali menyusut bila dekat api.

Atom Hidrogen adalah jenis atomterkecil dan paling sederhana daripada atom atom lain yang ada. Atom Hidrogen denmgan mudah menyatu dengan atom atom lain yang lebih besar untuk membentuk kumpulan yang dinamakan pound. Kita ambil contoh air. Air merupakan gabungan (compund) dari atom hidrogen dengan oksigen. Meskipun atom banyak yang membentuk benda padat atau cairan, sebagian besar atom di bumi ini dalah berupa gas.

DiGunakan Untuk Apa Hidrogen Itu?

Minyak Bumi yang berupa batu bara, bensin, dan gas alam, kaya dengan Hidrokarbon. Hidrokarbon merupakan gabungan dari atom hidrogen dan karbon. Bahan bakar ini mempunyai banyak kegunaan untuk kehidupan kita sehari hari.

Pabrik pabrik pun sering menggunakan hidrogen dan gabungannya seperti ammonia, untuk membuat berbagai jenis logam yang kita gunakan setiap hari.

Semua makhluk hidup mempunyai hidrogen di tubuhnya. Meskipun kelihatannya benda padat, tubuh manusia sesungguhnya 70% adalah air. Air adalah perpaduan 2 atom hidrogen dengan 1 atom oksigen. Campuran hidrogen yang lain, seperti gula, dapat ditemukan di setiap dewan dan tumbuhan.

from Ensiklopedi Sains

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.