CURAHAN ILMU | "Selalu Mengalir Bagaikan Air"

Rabu, 20 Mei 2009

Ilmuwan Ungkap Rahasia Jagad Raya

by Vidiansyah (Khalil Rahman)  |  in Sains at  14.11



INILAH.COM, Jakarta – Ilmuwan Inggris menyiapkan peluncuran misi ruang angkasa senilai 1,8 miliar poundsterling untuk kembali ke masa lalu, dan mengungkap rahasia jagad raya.
Teleskop teknologi tinggi bernama Herschel and Planck akan mengamati sejarah kosmik saat Big Bang dimana jagad raya terbentuk, atau bahkan sebelumnya.



Teleskop itu dalam tahap cek final di European Space Agency sebelum diluncurkan ke ruang angkasa dengan roket Arianne 5 pada 15 Mei mendatang. Wahana ini merupakan yang paling sensitif.
Astronomer berharap, satelit itu akan menjawab beberapa pertanyaan terbesar semacam bagaimana jagad raya bisa terbentuk, dan bagaimana bisa seperti sekarang.

Peneliti Inggris memimpin ribuan ilmuwan, yang bekerja mewujudkan proyek itu.
Kepala misi Professor David Southwood mengatakan penelitian itu akan mengubah pandangan mengenai jagad raya dan bagaimana terbentuknya."Yang dicari adalah asal jagad raya, galaksi hingga bintang,” katanya.Wahana 7,5 m Herschel diberinama astronom William Herschel yang menemukan planet Uranus. Wahana ini akan menjadi teleskop terbesar yang pernah dilucurkan ke ruang angkasa dengan memiliki cermin besar hingga 3,5 meter

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.