Rabu, 20 Mei 2009

Hujan Asam


Hujan di langit memang sangat menyenangkan. Terkadang kita ingin bermain hujan hujanan di luar rumah. Akan tetapi, hati hati dengan hujan asam !
Apa itu Hujan asam? Baca lagi ya...
Air jeruk dan cuka merupakan zat asam yang sering kita jumpai. Namu, ada juga sulfur asam yang dapat menghancurkan besi dan membuat tangan mu terbakar. Bayangkan bila zat yang kuat itu tiba tiba turun dari langit !



Mengapa Ada Hujan Asam?

Hujan asam merupakan salah satu bentuk akibat dari pencemaran. Bensin, minyak tanah, atau oil yang terbakar akan menghasilkan emisi beracun yang terbang ke awan. Gas - gas beracun ini kemudian tercampur dengan uap air di awan, lalu menjadi zat asam. Campuran gas air yang bercampur dengan air tersebut akan menghasilkan air yang tercampur dengan zat asam. Ia kemudian jatuh ke bumi lewat tetesan air hujan, salju, atau bahkan ... Kabut !



Hujan asam ini kelihatannya seperti hujan biasa. Namun, sebenarnya tidak. Manusia yang berjalan jalan di tengah hujan asam, atau berenang di danau yang terpolusi hujan asam akan terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Akibat Hujan Asam

Apabila air dari hujan asam sampai ke danau atau sungai, bisa menyebabkan bayak ikan mati. Sebagai contoh Skandivia, eropa utara. Semua sungai di sana sudah mati terkena hujan asam. Apa jadinya bila tidak ada lagi ikan di sungai?

Hujan asam juga membunuh tanaman termasuk merusak tanaman di sawah. Pada pertengahan 1980an hujan asam telah menghancurkan hampir setengah populasi tanaman di hutan hutan di Jerman.



Dinding dinding gedung dan monumen juga dapat rusak karena hujan asam. Selain itu, hujan asam juga dapat membuat besi besi di jembatan dan rel kereta api menjadi keropos dan rusak parah.

Sejak Kapan Hujan Asam Itu Ada?

Hujan asam telah ada sejak dimulainya revolusi industri tahun 1970an. Setelah itu, hujan asam semakin sering terjadi. Pada masa itu industri pabrik menggunakan pembakaran dengan kepulan asam pabrik. Asap asap itu kemudian menjadi hujan asam. Banyak pohon yang tumbang di kala itu.

Pada masa sekarang hujan asam di timbulkan oleh pabrik pabrik, kereta api tenaga batubara, bensin mobil, bus, kapal laut, bahkan bensol pesawat terbang juga termasuk juga.

Dimana Saja Yang Berpotensi Kena Hujan Asam?


Hujan asam dapat terjadi di mana mana, tidak hanya di wilayah tertentu. Hujan asam ini terbawa oleh angin yang setiap hari bergerak. Sebagai contoh, hujan asam di Kanada merupakan hujan asam yang terbawa oleh angin dari Amerika Serikat, hujan di Skandivia merupakan kiriman dari Inggris. Di China, Hujan asam sudah cemari 40% hujan yang ada di negara itu. Ini terjadi karena di bukanya industri besar besaran di sana dan juga karena Masyarakat China menggunakan Minyak Bumi dan Batubara secara terus menerus. Meskipun sekarang semua pencemaran itu di hentikan, di perlukan waktu berpuluh puluh tahun agar hujan asam itu tidak kembali lagi

from Ensiklopedi Sains

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar