CURAHAN ILMU | "Selalu Mengalir Bagaikan Air"

Rabu, 20 Mei 2009

Lubang Hitam

by Vidiansyah (Khalil Rahman)  |  in Sains at  21.23

Lubang hitam mungkin merupakan benda teraneh di luar angkasa. Lubang ini menyedot apa saja yang ada di dekatnya. Tidak ada yang dapat lolos dari lubang hitam ini, bahkan cahaya pun tidak bisa menembusnya.

Kekuatan Lubang Hitam

Tidak ada yang dapat lolos dari lubang hitan karena gravitasinya sangatlah kuat. Gravitasi adalah kekuatan tarik menarik satu benda terhadap benda lain. Salah satu contoh gravitasi adalah benda apapun akan jatuh ke bumi, itulah yang menyebabkan suatu benda dapat jatuh ke bawah (kearah bumi) saat kita di bumi. Benda dengan berat (massa) yang lebih kecil akan tertarik kepada benda yang lebih besar (daya tarik menarik). Selain itu, gravitasi bumi juga menjaga orbit (untuk lebih jelasnya baca dahulu tentang orbit ya! ^_~ ) bulan terhadap bumi, dan juga bumi terhadap matahari.

Berat lubang hitam sangat besar, bahkan jutaan kali lebih besar di banding berat matahari kita. Di dalamnya berisi banyak benda, namun terkemas kecil, lebih kecil daripada luas sebuah kota. Jadi, sebenarnya lubang hitam yang luasnya seluas kota mempunyai kekuatan gravitasi yang sangat hebat! Tidakkah sangat menakjubkan?!

Asal Lubang Hitam

Pra astronom dan ahli fisika percaya bahwa lubang hitam berasal dari bintang yang sedang sekarat. Bintang yang sedang sekarat tersebut terbakar dan tidak lagi bersinar. Bagian bagian (material) pembentuk bintang tersebut mulai hilang satu per satu. Bintang tersebut menjadi semakin padat dari waktu ke waktu. Apabila bintang tersebut mempunyai ukuran yang lebih besar dan berat, maka kepadatannya akan cukup untuk membentuk lubang hitam.

Mempelajari Lubang Hitam

Tidak ada seorang pun yang benar benar pernah melihat lubang hitam. Kamu pun tidak dapat melihatnya karena mereka tidak terlihat oleh cahaya. Kenapa begitu? Karena pada dasarnya sebuah benda dapat dilihat oleh apabila ada cahaya yang dipantulkan dari benda tersebut. Nah, lubang hitam tidak memantulkan sinar / cahaya apapun sehingga kita tidak dapat melihatnya.

Para ahli fisika menggunakan rumus matematika untuk memprediksi letak lubang hitam.

Astronom dapat melihat tanda tanda adanya lubang hitam. Para astronom itu mempelajari sinar yang sangat kuat yang berasal dari bintang di kejauhan. Bintang tersebut terlihat mengelilingi suatu objek yang tidak terlihat, objek itu adalah lubang hitam. Lubang Hitam itu menyedot gas dari bintang bintang, sehingga membuat bintang bintang tersebut menyemburkan sinar X.

Galaksi merupakan kumpulan bintang. Pra astronom percaya bahwa sebian besar galaksi mempunyai lubang hitam yang sangat besar di tengah tengahnya. Bintang bintang tersebut berputar mengelilingi lubang hitam. Teleskop Hubble di luar angkasa memotret banyak gambar tentang gas panas yang ada di tengah tengah galaksi Bima Sakti kita.

from Ensiklopedi Sains

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.